Other Recent Articles

Dialah Sahabat Sejatimu Hingga Hari Kiamat

By Unknown on Thursday 21 June 2012 0 comments

Dari Anas Radhiyallahu’anhu, Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Ada tiga amalan yang mengikuti orang yang meninggal: Keluarga, harta dan amalannya, kemudian yang dua kembali dan hanya satu yang bersamanya. Keluarga dan hartanya akan kembali dan yang tinggal hanyalah amalnya.” (HR. Bukhari no.6514 dan Muslim no.2960)

Sungguh benar sabda beliau ini, keluarga hanya mengantarkanmu ke kuburan, sungguh hinanya kehidupan dunia ini. Orang yang paling mencintaimu menguburkanmu dan menjauhkanmu dari mereka, bahkan seandainya dibayar, mereka enggan jasad anda tetap bersama mereka, orang yang paling engkau cintai menguburkanmu dan akan meninggalkanmu.

“Hartanya mengikutinya” para hamba sahaya ikut mengantarkannya, misal seorang yang kaya raya yang memiliki banyak hamba sahaya, “Amalnya juga mengikutinya” tetapi yang dua meninggalkannya hanya satu yang ikut menemaninya yaitu amalnya.  Semoga Allah Ta’ala menunjuki kita untuk beramal shalih yang akan menemani kita semua, hanya amal shalihnya sajalah yang setia menemani hinga hari kiamat.

Dalam hadits ini terdapat dalil bahwa semua kehidupan dunia ini akan kembali meninggalkannya tidak satupun yang bersamanya di kubur. Harta dan anak adalah perhiasan dunia yang akan meninggalkannya, siapakah yang akan menemaninya? Hanya satu yaitu amalnya. Maka dari itu wahai saudaraku, hendaklah kita memprioritaskan sahabat yang akan tetap menemani kita hingga hari kiamat, bersungguh-sungguh untuk menunaikan amal shalih yang akan setia menemani kita ketika kita ditinggalkan oleh keluarga dan anak-anak yang kita cintai..

Maka hendaknya setiap orang bersungguh-sungguh untuk beramal shalih yang akan tetap bersama menemaninya hingga hari kiamat kelak, semoga kita mendapatkan husnul khatimah, mendapatkan pertolongan-Nya, sungguh Dia-lah Yang Maha Mulia...

(Disalin dari Syarah Riyadush Shalihin, Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. Penerbit Darus Sunnah)

Category: Akhlaq dan Nasehat , Hadits , Penyejuk Hati

0 comments:

Post a Comment