Other Recent Articles

Hikmah Diturunkannya Surat At Taubah Tanpa Diawali Basmalah

By Unknown on Thursday 9 February 2012 0 comments

Syaikh Shalih Fauzan bin Abdullah Al Fauzan hafidzahullah ditanya :

ما الحكمة في نزول سورة التوبة بدون البسملة‏؟‏
Apakah hikmah diturunkannya surat At Taubah tanpa diawali basmalah ?


Syaikh hafidzahullah menjawab :
نعم كل سورة من القرآن تأتي في بدايتها ‏”‏بسم الله الرحمن الرحيم‏”‏ إلا سورة التوبة، وقد أجابوا عن هذا بجوابين‏:‏
Na’am, semua surat dari Al Qur’an diawali dengan basmalah kecuali surat At Taubah, para ulama’  menerangkan sebab hal ini dengan dua jawaban :

الأول‏:‏ أن سورة التوبة مكملة لسورة الأنفال فلذلك لم تأت في بدايتها ‏”‏بسم الله الرحمن الرحيم‏”‏، لأنها مكملة لسورة الأنفال‏.‏
Pertama : sesungguhnya surat At Taubah merupakan lanjutan dari surat Al Anfal, oleh karena itu tidak diawali dengan basmalah, karena ia menyempurnakan surat Al Anfal.

والقول الثاني‏:‏ أن سورة التوبة لم تأت قبلها البسملة لأنها سورة ذكر فيها الجهاد وقتال الكفار وذُكر فيها وعيد المنافقين وبيان فضائحهم ومخازيهم، و‏”‏بسم الله الرحمن الرحيم‏”‏ يؤتى بها للرحمة وهذا الموطن فيه ذكر الجهاد وذكر صفات المنافقين، وهذا ليس من مواطن الرحمة بل هو من مواطن الوعيد والتخويف‏.‏ فلذلك لم تذكر ‏”‏بسم الله الرحمن الرحيم‏”‏ في بدايتها‏.
Kedua : sesungguhnya alasan surat At Taubah tidak diawali dengan basmalah karena isi surat At Taubah tentang jihad dan memerangi orang-orang kafir. Disana juga disebutkan ancaman yang keras terhadap orang-orang munafiq serta penjelasan akan tipu daya mereka. Adapun bacaan basmalah disebutkan untuk sesuatu yang mengandung rahmat. Sedangkan isi surat At taubah yang menyebutkan jihad dan sifat-sifat orang munafiq bukanlah tempat untuk menyebutkan rahmat namun tempat menyebutkan ancaman dan untuk membuat orang takut. Oleh karena itu tidak disebutkan basmalah diawal surat At taubah.

Sumber : http://islamancient.com/play.php?catsmktba=80882
http://abukarimah.wordpress.com/2012/02/07/hikmah-diturunkannya-surat-at-taubah-tanpa-diawali-basmalah/

Category: Konsultasi Syari'ah

0 comments:

Post a Comment